Michaelorstedsatahi’s Blog

May 14, 2011

Charges for Services

Charges for Services (Biaya Pelayanan)
Pendapatan dari biaya pelayanan terdiri dari biaya yang dibuat oleh berbagai departemen pemerintah untuk barang atau pelayanan yang mereka berikan pada masyarakat, departemen lain dari pemerintah atau pemerintah lain. Ini penting untuk membedakan pendapatan yang berasal dari penerimaan departemen tersebut dan pendapatan dari lisensi maupun perijinan.
Perbedaan transaksi pelayanan dana dan transaksi pengembalian

Perubahan dalam transaksi dana, diperoleh dari:
• Pendapatan diakui ketika dana untuk pembiayaan disediakan oleh departemen
• Beban diakui ketika dana untuk pembiayaan diperoleh departemen dari pelayanan atau barang.
Pengembalian beban yang diakui dalam dana dari departemen yang diterima barang dan jasa adalah dibiayai tapi pengurangan dari beban yang dicatat dalam dana termasuk pembiayaan departemen penyedia.

Akuntansi untuk biaya service
Beberapa biaya service diterima ketika pelayanan diberikan dan dicatat sebagai pendapatan pada saat itu.

Pendapatan Lain-lain
Berasal dari pendapatan investasi, sewa, dan royalty, termasuk pembayaran nontransfer dari perusahaan public pemerintah serta kontribusi dan donasi dari sumber-sumber pribadi.

Pendapatan Investasi
Investasi kas jangka pendek tersedia selama dibutuhkan dan diotorisasi oleh badan legislatif negara.

Pernyataan GASB no 31 mengenai standar nilai wajar untuk investasi:
a. Adanya pendapatan bunga untuk kontak investasi
b. Bagian investasi luar
c. Dana yang sesuai awal dan akhir
d. Sekuritas utung
e. Sekuritas modal, stock warrant, stock rights yang telah ditentukan nilai wajarnya

Pernyataan GASB no 31 ada pengecualiannya yang menghasilkan investasi pada beberapa pemerintahan dihitung di bawah nilai pasar dari investasi lain dihitung menggunakan metode amortisasi biaya.
Sebuah catatan bahwa nilai wajar yang diperoleh diakibatkan perubahan tingkat bunga sementara biaya amortisasi diperoleh karena diasumsikan bahwa tingkat bunga diterbitkan ketika investasi diperoleh termasuk juga perubahan pada harga wajar pada nilai investasi dilaporkan pada pendapatan.

Pernyataan GASB no 31 memuat ilustrasi penghitungan perubahan dalam nilai wajar. Perbedaan nilai wajar awal tahun dengan akhir tahun, sebagai pertimbangan investasi pembelian, penjualan dan penarikan. Petugas keuangan pemerintah, akuntan, dan auditor seharusnya memastikan adanya peraturan negara atau daerah yang berhubungan dengan investasi yang dijalankan. Terlebih Pernyataan GASB no 3 mensyaratkan pengungkapan setiap aktivitas investasi pemerintah dalam catatan atas laporan keuangan.

Penjualan dan kompensasi untuk kerugian asset modal

Modal keuangan dari sumber pendapatan dana umum dan dana khusus tidak termasuk kategori dana sumber keuangan diterima dan pembagian asset modal umum yaitu asset dana pemerintah. Akuntansi pendapatan bersih dari penjualan dan kompensasi kewajiban modal umum dilaporkan sumber keuangan lainnya dari dana.

Pembayaran nontransfer dari perusahaan publik
Pembayaran pemerintah yang dilakukan pemilik perusahaan publik sebagai pengganti pajak properti atau pajak yang dibebaskan secara legal seharusnya dilaporkan sebagai pembayaran pengganti pajak jika jumlahnya mendekati nilai layanan yang disajikan.

Escheats
Hukum kebanyakan negara yang secara spesifik menetapkan asset bersih dari orang yang telah meninggal dan dengan tidak diketahui hubungannya dengan negara.

Private contributions (kontribusi pribadi)
Mungkin pemerintah akan menerima kontribusi atau donasi dari sumber pribadi. Kontribusi yang tak terlarang diakui sebagai pendapatan dana umum.

Perubahan dalam Dasar Akuntansi
Uraian mengenai keseimbangan permulaan dana dari dana pemerintahan untuk membenarkan kesalahan utama. Tiga tipe kejadian yang mungkin menyebabkan pemerintah mengubah dana pemerintahannya:
1. Manajemen memutuskan perubahan dari penerimaan penyaluran pendapatan dasar atau kebijakan lain penerimaan, alternative pengakuan dasar pendapatan
2. Perubahan sekitar mensyaratkan perubahan dalam metode mempergunakan penerimaan dasar
3. GASB atau standar pengakuan lain yang menerbitkan standar pengakuan pendapatan yang mensyaratkan perbedaan kebijakan akuntansi pendapatan daripada yang digunakan nanti.

Perubahan standar GASB
Kebanyakan perubahan dalam standar dana pemerintahan terjadi karena GASB menerbitkan standar pengakuan pendapatan baru atau memperbaiki standar yang ada. Pernyataan GASB dan penerjemahan termasuk “Effective Date dan Transition” bagian yang spesifik ketika dan bagaimana standar baru diimplementasikan.

Aplikasi Prospektive
Instruksi transisi dalam kebijakan akuntansi baru dipakai secara prospective, yang dipakai hanya transaksi yang terjadi setelah tanggal efektif, atau implementasi segera, tanggal implementasi. Sebagai contoh, standar revisi mungkin mensyaratkan bahwa tipe transaksi sebelumnya diakui sebagai pendapatan harus dilaporkan sebagai sumber keuangan masa depan atau standar baru mungkin menentukan transaksi sebelumnya dicatat.

Aplikasi Berlaku Surut
Kebanyakan standar GASB baru dan revisi diisyaratkan diimplementasikan berlaku surut, kedua pernyataan itu adalah: (1) Aset, kewajiban, dan dana keseimbangan pada awal tahun dengan standar baru diimplementasikan harus ditentukan ulangi jika standar baru telah diakui (2) Efek kumulatif pengakuan perubahan standar akuntansi harus dilaporkan sebagai uraian baru dana awal tahun.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: