Michaelorstedsatahi’s Blog

August 24, 2010

techniques of disclosure

Parenthetical Explanations
Parenthetical explanation merupakan salah satu metode yang bisa digunakan perusahaan dalam menyajikan informasi tambahan yang berhubungan dengan neraca. Informasi tambahan diungkapkan dalam paragraf sisipan atau penjelasan sesuai dengan item dalam neraca. Penjelasan tambahan mempunyai kelebihan dibandingkan dengan catatan kaki dan daftar pendukung karena merupakan bagian isi yang ditempatkan dalam disclosure. Informasi tambahan sering kali disediakan dengan penjelasan sesudah pos-pos yang bersangkutan. salah satu pos yang dapat dijadikan contoh dari parenthetical explanation ini adalah tentang jumlah piutang sebuah perusahaan.
Dengan menggunkan metode ini perusahaan dimungkinkan untuk mengungkapkan informasi tambahan yang berhubungan dengan neraca yang akan menambah kejelasan dan kelengkapan disclosure. . Dengan menggunakan metode ini, informasi tambahan ditampilkan di depan sehingga kecil kemungkinannya untuk diabaikan olah pengguna. Metode ini dianggap lebih unggul  dibandingkan dengan notes. Penjelasan atas informasi tambahan yang disajikan dalam parenthetical explanations harus dibuat secara singkat karena penjelasan dalam parenthetical explanations yang terlalu panjang dapat menyesatkan para pengguna. oleh karena itu informasi tambahan harus digunakan dengan sangat hati-hati.

NOTES
selain parenthetical explanations notes meupakan salah satu metode yang dapat digunakan perusahaan untuk menyampaikan informasi yang berkaitan dengan laporan keuangan. notes biasa digunakan bila informasi tambahan tidak dapat disajikan dalam parenthetical explanations secara bebas.
Catatan atas Laporan Keuangan sekurang-kurangnya disajikan dengan susunan sebagai berikut:
    Informasi tentang kebijakan keuangan.
    Ikhtisar pencapaian kinerja keuangan selama tahun pelaporan
    Informasi tentang dasar penyusunan laporan keuangan dan kebijakan-kebijakan akuntansi yang dipilih untuk diterapkan atas transaksi-transaksi dan kejadian-kejadian penting lainnya. Kebijakan akuntansi adalah prinsip-prinsip, dasar-dasar, konvensi-konvensi, aturan-aturan dan praktik-praktik spesifik yang dipilih oleh suatu entitas pelaporan dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan.
    Pengungkapan informasi yang diharuskan oleh Standar Akuntansi Keuangan yang belum disajikan pada lembar muka (on the face) laporan keuangan.
    Pengungkapan informasi untuk pos-pos aset dan kewajiban yang timbul sehubungan dengan penerapan basis akrual atas pendapatan dan belanja dan rekonsiliasinya dengan penerapan basis kas.
    Informasi tambahan yang diperlukan untuk penyajian yang wajar, yang tidak disajikan pada lembar muka (on the face) laporan keuangan.
Notes biasanya digunakan untuk  mengunkapakan ekstensi dan jumlah setiap deviden saham preferren tertunggak, persyaratan atau kewajiban yang ditetapkan oleh komitmen pembelian, pengaturan dan instrumren keuangan khusus, kebijakan penyusutan, setiap perubahan aplikasi prinsi-prinsip akuntansi, dan adanya kontijensi.
oleh karena itu notes harus menyajikan semua fakta penting secara lengkap namun seringkas mungkin. penyajian informasi yang kurang hati-hati malah akan menyesatkan dan bukannya membantu para pengguna laporan keuangan untuk lebih memahami laporan keuangan yang disajikan. Notes yang dibuat  harus memberikan tambahan total informasi yang telah tersedia dalam laporan keuangan  dan bukan memunculkan pertannyaan baru yang tidak dapat terjawab atau mungkin bertentangan dengan bagian lain dari laporan keuangan yang telah dibuat.

CROSS REFERENCE AND CONTRA ITEM
selain dua metode sbelumnya cross reference dan contra items adalah metode yang dapat digunakan perusahaan untuk memberikan tambahan informasi yang diungkapakan. Cross reference digunakan jika terdapat hubungan langsung antara dua akun dalam neraca. berikut adalah contoh cross reference.

cross reference diatas menunjukan bahwa utang obligasi sebesar $2,300,000 akan ditebus dalam waktu dekat, dimana hanya kas sebesar $800,000 yang disisihkan.oleh karena itu kas tambahan yang dibutuhkan harus berasal dari kas yang tidak dibatasi,kas ini dapat berasal dari penjualan investasi, dari laba atau dari sejumlah sumber lainnya. informasi yang sama dapat pula disajikan dengan menggunakan metode parenthetical explanation jika metode ini lebih disukai.
Salah satu prosedur lainnya yang umum dibuat adalah contra accounts. contra account merupakan  item dalam neraca yang mengurangi akun aktiva, kewajiban dan ekuitas pemilik.

SUPPORTING SCHEDULE
Seringkali suatu skedul yang terpisah diperlukan untuk menyajikan informasi yang lebih terinci mengenai harta atau kewajiban tertentu, karena neraca hanya memberikan satu pos ikhtisar.  Supporting schedules sangat dibutuhkan dalam rangka menyediakan pengungkapan yang memadai bagi item neraca . Supporting schedules juga diartikansebagai suatu informasi tertulis yang dilampirkan untuk persetujuan, laporan keuangan, penawaran, proposal, dan lain-lain; menyediakan backup dan membahas item

TERMINOLOGY
Perusahaan sering kali menggunakan nama akun singkat dan mencakup syarat-syarat teknis yang hanya dimengerti oleh akuntan. Akan tetapi banyak orang yang tidak kenal dengan istilah-istilah akuntansi tersebut yang juga menggunakan neraca. Oleh karena itu, neraca harus menyediakan penjelasan yang cukup dikenal umum sehingga pembaca dan pengguna akan mengerti secara keseluruhan dan dapat menafsirkan dengan jelas. Hal ini sangat sejalan dengan sifat akuntansi, yaitu technical terminology. Memang banyak istilah yang digunakan dalam laporan keuangan merupakan istilah teknis akuntansi yang hanya dipahami oleh orang yang mengerti akuntansi. Akan tetapi hal ini dimaksudkan agar laporan keuangan tidak dengan serta merta dapat dimengert hanya dengan sekali melihat, tetapi memerlukan pembelajaran dan pemahaman lebih lanjut.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: